Kajian Gender

 Program Studi Kajian Gender

Dr. Mia Siscawati, M.A., M.A
Ketua Program Studi

Kehadiran program studi tidak dapat dilepaskan dari masih banyaknya persoalan khusus yang dihadapi perempuan seperti kekerasan berbasis gender, Angka Kematian Ibu yang tinggi, praktik – praktik budaya yang merugikan, hingga partisipasi politik perempuan yang masih rendah.

Dalam perkembangannya, kajian juga mengungkap berbagai isu yang dihadapi kelompok – kelompok rentan seperti kelompok miskin, kelompok minoritas, kelompok penyandang catat, masyarakat adat, akibat konstruksi sosial dan konstruksi gender yang timpang, yang terefleksikan dalam praktik kehidupan sehari – hari hingga struktur sosial dan kebijakan. Kajian juga membahas implikasi konstruksi peran gender pada laki-laki, serta bagaimana melibatkan laki-laki dalam memperjuangkan kesetaraan dan keadilan gender.

Visi prodi adalah menjadi lembaga rujukan terdepan di tingkat nasional dan internasional untuk pengembangan konseptual kajian gender di Indonesia, dalam rangka memperjuangkan terciptanya masyarakat adil gender. Ini dilakukan dengan memenuhi kebutuhan akan pekerja profesional yang memiliki kemampuan analisis – sintesis kritis dalam mengembangkan riset dan atau program, dengan pendekatan interdisiplin berwawasan global. Kehadiran prodi penting untuk mendukung penanggulangan berbagai persoalan sosial melalui dikembangkannya nilai dan praktik hidup berkesetaraan dan berkeadilan gender.

Dengan latar belakang di atas, profil kompetensi lulusan yang disasar adalah kemampuan mengembangkan pengetahuan kajian gender dan menanggulangi persoalan sosial berdasarkan nilai dan praktik hidup berkeadilan gender melalui riset dan atau program, dengan pendekatan inter/multidisiplin berwawasan global.

Prodi menyelenggarakan Mata Kuliah antara lain adalah Sensitivitas Gender dan Pengantar Kajian Gender, Teori-teori Feminis dalam Ilmu-ilmu Sosial, Metodologi Penelitian Kajian Gender,  Agama dan Spiritualitas dari Perspektif Adil Gender, Gender, Politik dan Akses terhadap Keadilan, serta Tugas Lapangan atau Magang di organisasi/ lembaga yang dipilih.

Prodi saat ini tidak menyelenggarakan paket peminatan khusus, tetapi mahasiswa tetap dapat mengembangkan kajian khusus untuk bidang yang menjadi kompetensi atau peminatannya melalui Tugas Lapangan, serta pengembangan proposal dan penelitian sesuai bidang minat. Prodi memiliki pengajar dan narasumber yang kuat dalam kekhususan berbeda, misalnya terkait isu tubuh dan seksualitas, gender dan politik, kesehatan reproduksi, psikologi hukum, antropologi lingkungan dan sebagainya.

Mahasiswa yang outstanding, dapat mengelola waktu dengan baik, dan telah memiliki gambaran jelas mengenai topik tugas akhir akan dapat menyelesaikan studi dalam waktu 3 semester.

Profil Lulusan

Mampu mengembangkan penelitian, program, dan kebijakan dengan menggunakan perspektif kesetaraan dan keadilan gender serta menggunakan pendekatan multidisplin.

Biaya Pendidikan

Sesuai dengan ketetapan Rektor UI pada Semester berjalan.

Jadwal Kuliah

Senin – Jum’at, 09.00 – 16.00 wib

Tempat Perkuliahan

Gedung Rektorat Lt. 4

Kampus UI Salemba,

Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat

Telp. (021) 392 9717, 392 4710

Faks. (021) 3192 2269

Email: pskgender@ui.ac.id, kajiangender90@gmail.com

Brosur Prodi Kajian Gender

 

Download Brosur Prodi Kajian Gender 2019