Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam

PROGRAM STUDI KAJIAN TIMUR TENGAH DAN ISLAM

Yon Machmudi, Ph.D
Ketua Program Studi

Program Studi Kajian Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia (PSKTTI UI) adalah program studi penyelenggara pendidikan & pengajaran tentang kawasan Timur Tengah dan Kajian tentang Islam tingkat Magister. Program studi ini secara struktural administratif berada di bawah Program Pascasarjana Universitas Indonesia (PPs UI).  PSKTTI UI dibuka berdasarkan surat izin dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Nomor: 2801/D/T/2001 tanggal  30 Agustus 2001. Pembukaan program studi ini diresmikan oleh  Wakil Presiden Republik Indonesia Dr. Hamzah Haz di Balai Sidang  Universitas Indonesia pada tanggal 31 Juli 2002.

Hingga saat ini PSKTTI UI telah dua (2) kali mendapatkan akreditasi dari  BAN-PT dengan nilai A. SK BAN-PT untuk hasil akreditasi PSKTTI UI adalah:

  1. SK Ban PT Nomor: 011/BAN-PT/Ak-IV/S2/XII/2005 dengan nilai A
  2. SK Ban PT Nomor : 021/BAN-PT/Ak-VIII/S2/I/2011 dengan nilai A

VISI

Terwujudnya  program studi sebagai lembaga pendidikan akademik berbasis riset dalam bidang kajian wilayah Timur Tengah dan kajian ke-Islaman yang bertaraf Internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Kajian Timur Tengah dan Kajian ke-Islaman yang menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik bermutu internasional serta memiliki kemampuan mengembangkan ilmu untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di era global.
  2. Mengembangkan riset-riset di bidang kajian Timur Tengah dan kajian ke-Islaman yang berstandar nasional dan internasional yang mampu mengantarkan Indonesia ke era global.
  3. Mempersiapkan calon-calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang Doktor di Bidang Kajian Timur Tengah dan Islam.
  4. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan melayani kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, pelatihan, pengembangan ilmu tentang kajian Timur Tengah dan kajian Ke-Islaman yang meliputi bidang: Kajian Politik dan Hubungan Internasional di Timur Tengah, Kajian Ekonomi dan Keuangan Islam, Kajian Islam serta Kajian Islam dan Psikologi.
  5. Memberikan darma bakti kepada masyarakat, bangsa dan negara berupa pengembangan Ilmu Pengetahuan, model pemecahan berbagai masalah terkait dengan isu Timur Tengah dan ke-Islaman.
  6. Berperan aktif dalam pengembangan hubungan Indonesia dengan Timur Tengah dan masyarakat muslim dunia. 

PEMINATAN

  1. Politik dan Hubungan Internsaional di Timur Tengah
  2. Kajian Islam
  3. Ekonomi dan Keuangan Syariah
  4. Kajian Islam dan Psikologi
  5. Industri Halal

SISTEM PENDIDIKAN

  • Beban studi untuk penyelesaian Program Magister (S2) PSKTTI UI minimal 44 SKS termasuk Tesis.
  • Masa studi program ini adalah 4 – 6 semester

Profil Lulusan

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi di bidang ke-Islaman dan Timur Tengah yang bersifat stratejik dan global.
  2. Mampu melakukan riset yang inovatif dan teruji guna memecahkan permasalahan di bidang ke-Islaman dan Timur Tengah yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional.
  3. Mampu memecahkan permasalahan dalam bidang ke-Islaman dan Timur Tengah melalui pendekatan inter dan multidisiplin.

Biaya Pendidikan

Sesuai dengan ketetapan Rektor UI pada Semester berjalan.

Jadwal Kuliah

Reguler:    Senin – Jum’at, 16.00 – 21.30 wib

Khusus:    Jum’at, 16.00 – 21.00 wib

                 Sabtu, 07.30 – 21.30 wib

Tempat Perkuliahan

Gedung IASTH UI Lt. 4

Kampus UI Salemba,

Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat

Telp. (021) 392 9717, 392 4710

Faks. (021) 3192 2269

Hp. 0878 8646 4213

Email: sekretariatpsttiui@yahoo.com

Brosur Prodi KTTI

Klik Link>> Download Brosur Prodi KTT

*Penyelenggaraan Perkuliahan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.