Kajian Terorisme

KAJIAN TERORISME

Muhamad Syauqillah, S.H.I.,M.Si.,Ph.D
Ketua Program Studi

VISI

PS KT (Program Studi “Kajian Terorisme ”) menjadi pusat unggulan kajian antar-bidang yang mempelajari terorisme  pada tataran lokal, nasional maupun internasional, guna mengantisipasi dan mencegah terorisme berdasarkan bukti-bukti empirik dan analisis teoretik yang sahih (valid) dan terpercaya (reliabel).

MISI

Menghasilkan magister dalam bidang kajian terorisme yang mampu mengidentifikasi problem dan gejala terorisme di Indonesia, dan di dunia internasional, mampu menganalisis dan membuat laporan tertulis, baik untuk kepentingan akademik, maupun untuk keperluan pembuatan kebijakan.

Menjadi pusat rujukan bagi masalah-masalah yang terkait dengan terorisme di Indonesia.

Memberi masukan, diminta atau tidak diminta, kepada instansi-instansi yang terkait dengan upaya-upaya preemptif, preventif (kontra terorisme), represif dan kuratif (deradikalisasi) dalam bidang terorisme.

Tujuan Pendidikan

Melahirkan lulusan yang memiliki pemahaman dan kemampuan analisis yang komprehensif tentang perkembangan konsep terorisme, pilihan-pilihan strategi kontra-terorisme, serta studi perbandingan kasus-kasus kontra-terorisme.

Melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam menganalisis berbagai fenomena terorisme sebagai bagian penting dari studi keamanan dan memiliki kemampuan untuk merumuskan dan menerapkan kebijakan kontra-terorisme dan anti terorisme sebagai bagian penting dari kajian keamanan internasional pada abad ke 21.

Melahirkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menganalisis sejumlah kebijakan kontra-terorisme yang telah ada serta memberikan pemikiran kritis terhadap isi kebijakan tersebut sebagai bagian penting dari kajian keamanan internasional pada abad ke 21.

Melahirkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menganalisis pelaksanaan dari kegiatan kontra-terorisme dan memberikan pemikiran kritis terhadap proses dan hasil pelaksanaan kegiatan kontra-terorisme tersebut sebagai bagian penting dari proses pemahaman dan antisipasi terhadap isu-isu keamanan non-tradisional yang berkembang pada abad ke 21.

Melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk merumuskan berbagai pendekatan anti-terorisme yang lebih melandaskan diri pada pendekatan kultural, ekonomi dan sosial sebagai bagian penting dari perumusan strategi keamanan nasional dan internasional pada abad ke 21 ini.

Karakteristik Program Studi

Program Studi Kajian Terorisme merupakan satu-satunya program studi tingkat magister di Indonesia yang menawarkan kerangka analisis untuk memahami perkembangan konsep tentang terorisme, pilihan-pilihan kebijakan kontra-terorisme dan studi perbandingan kasus- kasus terorisme, sehingga mata kuliah yang akan dipelajari dalam Program Studi  terbagi dalam tiga bagian yaitu: Kerangka Konseptual, Pemahaman terhadap Kebijakan/Policy dan Penjelasan mengenai Studi Kasus.

Profil Lulusan

  1. Memiliki kemampuan analisis fenomena terorisme di tingkat lokal, nasional dan internasional dari dimensi ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, psikologi dan ilmu komunikasi berdasarkan pengetahuan yg mendalam dalam Ilmu Multi-disiplin demi kepentingan nasional Indonesia, sesuai dengan Konstitusi NKRI (intellectual competence).
  2. Memiliki kemampuan praktis dalam menyusun concept/policy paper dan rekomendasi, yang ditunjang oleh pengetahuan yang komprehensif dan teoretis tentang fenomena terorisme (applicability)
  3. Mampu menghargai, sekaligus mengkritik berbagai fenomena terorisme dan dapat mempertimbangkan keterkaitan fenomena tersebut dgn kepentingan nasional Indonesia (balance bertween cosmopolitanism and nationalism)
  4. Menjunjung tinggi etika akademik dan menunjukkan integritas kepribadian yang tinggi, kepedulian sosial, dan etos kerja profesional (personal competence)
  5. Kreatif dan sensitif dalam mengkritik dan menghargai kegunaan Kajian Multidisipliner dalam kajian terorisme dgn pendekatan ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, psikologi dan ilmu komunikasi.

      

Biaya Pendidikan

Sesuai dengan ketetapan Rektor UI pada Semester berjalan.

Jadwal Kuliah

Khusus                                                :    Jum’at, 16.00 – 21.00 wib

                                                                Sabtu, 07.30 – 21.30 wib

Tempat Perkuliahan

Gedung IASTH UI Lt. 4

Kampus UI Salemba,

Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat

Telp. (021) 392 9717, 392 4710

Faks. (021) 3192 2269

Brosur Prodi Kajian Terorisme

Download Brosur Prodi Kajian Terorisme