Kajian Wilayah Amerika

Kajian Wilayah Amerika

Bayu Kristianto, S.S., M.A., Ph.D
Ketua Program Studi

Program Studi Kajian Wilayah Amerika menyelenggarakan pendidikan Pascasarjana Strata-2 (S-2) yang menghasilkan lulusan bergelar Magister Sains Kajian Wilayah Amerika dengan profil lulusan:

  1. Mampu menerapkan secara kritis dasar falsafah ilmu, teori, konsep dan metodologi penelitian dalam kajian stratejik dan global.
  2. Mampu mengembangkan berbagai pemikiran tentang Kawasan Amerika (the Americas) terkait dengan fenomena kelindan global dan transnasional dalam berbagai aspek dan dimensi secara interdisiplin dan multidisiplin, berdasarkan prinsip keseimbangan kepentingan nasional dan internasional.
  3. Mampu memberi rekomendasi dan masukan terkait dengan isu-isu stratejik dan global di Kawasan Amerika (the Americas) bagi berbagai institusi di Indonesia.

Tujuan Program Studi

Prodi Kajian Wilayah Amerika bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk memenuhi kebutuhan kemasyarakatan (Societal Needs), kebutuhan dunia kerja (Workplace Needs), kebutuhan professional (Professional Needs), kebutuhan masa depan (Scientific Vision), dan kebutuhan bidang ilmu pengetahuan (Scientific Needs).

Peminatan

Prodi Kajian Wilayah Amerika mengakomodasi minat mahasiswa terkait dengan isu-isu dan masalah-masalah yang muncul dalam konteks wilayah Kawasan Amerika (The Americas) dan mengarahkannya dalam penulisan tugas akhir. Minat mahasiswa ini bisa berkenaan dengan isu-isu dan masalah-masalah yang berkembang pada masa kini atau dalam konteks historis. Misalnya, mahasiswa bisa menulis tentang pengaruh timbal-balik antara pemikiran demokrasi Amerika Serikat dengan Kanada atau negara di Amerika Latin pada masa kini. Mahasiswa juga bisa menulis tentang isu atau masalah yang sedang berkembang di Kanada atau negara di Amerika Latin. Tugas akhir perlu ditulis dengan pendekatan multidisiplin dan memperhatikan kelindan global. 

Profesi Lulusan

Lulusan program studi dapat memberi peran dalam masyarakat dan/atau dunia kerja dengan menjadi:

  1. Ahli Amerika Serikat dan Kawasan Amerika (yang bekerja pada institusi pemerintah dan lembaga-lembaga negara/publik/swasta lainnya baik di pusat maupun di daerah)
  2. Diplomat (yang bekerja pada Kementrian Luar Negeri RI baik di dalam negeri maupun di kantor perwakilan RI di luar negeri)
  3. Konsultan, Negosiator, Mediator, Public/Media Relations;
  4. Akademisi, Dosen, Pendidik, dan Peneliti dengan kepakaran dalam bidang Kajian Amerika Serikat dan Kawasan Amerika;
  5. Produser, Wartawan, Reporter, Media Presenter dengan penguasaan pengetahuan tentang Amerika Serikat dan Kawasan Amerika dan keahlian sesuai dengan standar internasional.

AKREDITASI

Program Studi Kajian Wilayah Amerika sejak tahun 2019 telah memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (Berdasarkan SK BAN-PT No. 2978/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2019)

PERSYARATAN

  1. Memiliki ijazah Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi dalam dan Luar Negeri.
  2. Lulus Seleksi Ujian masuk yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia

GELAR
Magister Sains ( M.Si )

Biaya Pendidikan
Sesuai dengan ketetapan Rektor UI pada Semester berjalan.

Jadwal Kuliah
Reguler:    Senin – Jum’at, 17.00 – 21.00 wib

Tempat Perkuliahan
Gedung Rektorat Lt. 4 Kampus UI Salemba,
Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat
Telp. (021) 392 9717, 392 4710
Email: bayu.kristianto@ui.ac.id

Brosur