Pusat Riset Sumber Daya Jepang, Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia

Pusat Riset Sumber Daya Jepang Universitas Indonesia (PRSDJ UI) adalah salah satu pusat kajian/riset dibawah naungan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia. Pendirian PRSDJ UI yang dimotori oleh Dr. Siti Dahsiar Anwar yang bertemu dengan perwakilan dari pihak Nat Test Jepang dan beberapa tenaga dosen FIB UI pada tahun 2014 yang bertujuan untuk menjembatani kebutuhan pusat riset sumber daya jepang berbasis universitas yang fokus pada program pengembangan sumber daya manusia terkait dengan Jepang. Visi PRSDJ UI adalah menjadi pusat riset sumber daya jepang yang memiliki jangkauan kegiatan, pelatihan dan riset yang bersaing di level nasional dan internasional.

Sebagai pusat kajian yang memfokuskan diri pada kajian strategis yang berkaitan dengan sumber daya manusia, PRSDJ UI memiliki misi untuk melakukan dan mengembangkan riset yang dapat memberikan rekomendasi berbagai tantangan permasalahan sumber daya manusia di lingkup nasional maupun global, mengembangkan pengetahuan dan keterampilan bidang sumber daya manusia yang berkaitan dengan Jepang, menyediakan jasa layanan konsultasi dan publikasi ilmiah di bidang sumber daya Jepang serta mendukung kegiatan pendidikan/pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat UI di bidang sumber daya jepang.

Hubungan sejarah Indonesia dengan Jepang sudah terjalin erat sejak masa penjajahan, hal inilah yang membuat hubungan diplomasi yang baik antara Indonesia dan Jepang. Hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang sudah terjalin dalam berbagai bidang, salah satunya adalah dalam bidang ketenagakerjaan. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk Indonesia di umur produktif, memberikan tantangan tersendiri dalam menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia, sedangkan negara Jepang dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang sedikit sehingga membutuhkan banyak tenaga kerja. Hal ini membantu para pencari kerja Indonesia yang ingin mendapatkan pekerjaan yang layak. Untuk mengirimkan para pekerja Indonesia, para pencari kerja harus memiliki kualitas yang baik dalam segi keterampilan dan bahasa yang digunakan.

PRSDJ UI bekerja sama dengan Senmon Kyouiku Publishing mengadakan ujian kemampuan bahasa Jepang NAT TEST di kampus UI Salemba. NAT TEST UI sudah beroperasi pada tahun 2014 dan resmi menjadi bagian dari Unit Kerja Khusus Center For Strategic And Global Studies pada tahun 2019.

Dalam menjalankan kegiatan harian, PRSDJ UI dikelola oleh Badan Pengurus Harian (BPH) dengan susunan sebagai berikut:

  • Ketua: Ir. Hariyadi Budi Susanto, Ph.D.
  • Wakil Ketua: Caturingtyas Pangestuti, M.Si.
  • Bendahara: Tri Astuti Handayani, S.E, M.Si.
  • Administrasi & Teknisi: Dias Teddo Wicaksono, B.Sc.IT.
  • Administrasi & Informasi: Riska Amelia, S.E.
  • Administrasi & Teknisi: Achmad Munandar, A.Md.
  • Administrasi Keuangan: Maulida Andrianti, S.Hum.

Meskipun PRSDJ UI merupakan pusat kajian yang baru memiliki satu kegiatan, namun selalu meningkat dalam setiap kegiatannya.  Saat ini PRSDJ UI sedang mempersiapkan pembentukan program Pendidikan Jarak Jauh ( PJJ ). Namun dikarenakan pembukaan program PJJ memerlukan persiapan yang lebih matang, maka pembukaan program studi ini tertunda dan diharapkan sudah dapat beroperasi pada tahun 2022.

Kegiatan yang telah dilakukan PRSDJ UI:

  • Ujian Kemampuan Bahasa Jepang Nat Test

Mitra Kerja Sama PRSDJ UI:

  • Senmon Kyouiku Publishing, Jepang

Kontak Kami:

Gedung IASTH Lt. 4 Jln. Salemba Raya No. 4, Jakarta 10430

Telp: +62-21-3916376 / +62-21-3924713

Contact Person: 

+62-813-8461-9924 [ Admin ]

Email: csgs.prsdj@ui.ac.id