Sidang Promosi Doktor Program Studi Ilmu Lingkungan Agus Triyono

Sidang Promosi Doktor Program Studi Ilmu Lingkungan Agus Triyono

Sabtu, 17 Januari 2015 Program Pascasarjana Universitas Indoensia menyelenggarakan sidang terbuka penganugerahan gelar Doktor Program Pascasarjana Program Studi Ilmu Lingkungan kepada Agus Triyono.
Acara dilaksanakan di Gedung IASTH Lantai 3 Kampus UI Salemba dengan judul disertasi :

“Model Pengendalian Ruang Parkir Basement Ramah Lingkungan
(Studi Gedung Pusat Perbelanjaan Wilayah Jakarta Selatan Untuk Keberlanjutan Lingkungan).”

Ketua Sidang Promosi :
– Prof. Dr. Sulistyowati Irianto., MA.

Promotor :
– Prof. dr. Haryoto Kusnoputranto, SKM, DrPH.,

Ko-Promotor :
– Dr. rer. Nat. Drs. Budiawan, Diploma.Chem.
– Dr.drg. Dewi Rahayu., MS.

Adapun penguji diketuai oleh :
– Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo., M.Si

Anggota :
– Prof. Dr. Ir. Emirhadi Suganda., M.Sc,
– Prof. Dra. Fatma Lestari., M.Si., Ph.D,
– Dr. Ir. Lukito Hasto Pratopo., M.Sc
– Dr. Hayati Sari Hasibuan., ST., MT.

Parkir basement menimbulkan emisi kendaraan bermotor yang akan mengganggu kesehatan manusia yang terlibat langsung dalam ruang parker basement. Penelitian ini bertujuan membuat model pengendalian ruang parkir basement ramah lingkungan, dengan mengkombinasikan aspek teknis dengan memasukan peran perilaku manusia.

Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan metode mix methods (kuantitatif dan kualitatif). Pengumpulan data dengan pengukuran konsentrasi pencemaran, pemeriksaan kesehatan, pengisian kuesioner perilaku ramah lingkungan, dan pembuatan model pengendalian ruang parkir basement ramah lingkungan. Analisis data dengan deskriptif dan structural equation modeling (SEM).

Hasil penelitian menunjukan bahwa :

  1. Berdasarkan hasil analisis konsentrasi pencemaran di udara ruang parkir basement didapatkan semua parameter memenuhi syarat NIlai Ambang Batas dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan syarat dalam Peraturan Menteri Kesehatan, kecuali parameter debu total melebihi konsentrasi maksimal dalam Peraturan Menteri Kesehatan,
  2. Berdasarkan hasil analisis kondisi kesehatan petugas di parkir basement dengan parameter Sick Building Syndrome didapatkan 30% mengeluh dan 70% normal; Fungsi paru didapatkan 17% ada gangguan dan 83% normal; dan CO darah didapatkan 46% ada gangguan dan 54% normal,
  3. Berdasarkan factor penentu perilaku ramah lingkungan didapatkan bahwa perilaku ramah lingkungan ditentukan oleh adanya intensididapatkan bahwa perilaku intensi dipengaruhi oleh norma subyektif, sikap dan persepsi,
  4. Berdasarkan hasil uji model structural penelitian, penulis membuat model pengendalian ruang parkir basement ramah lingkungan yang terdiri atas 3 jalur untuk menjadi perilaku ramah lingkungan, yaitu :
    a.norma subyektif mempengaruhi intensidan intensimempengaruhi perilaku;
    b.sikap mempengaruhi intensidan intensimempengaruhi perilaku;
    c.persepsi mempengaruhi sikap, sikap mempengaruhi intensidan intensimempengaruhi perilaku.

Berdasarkan 3 jalur tersebut yang paling signifikan adalah norma subyektif yang menjadi pengungkit untuk mempengaruhi intensi dan selanjutnya menjadikan perilaku ramah lingkungan.

Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan . Agus Triyono ditetapkan sebagai lulusan Doktor ke- 121 Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

click image for zoom agus triyono