Pendekatan Riset Interdisipliner dan Transdisipliner
December 18, 2020 2024-12-20 10:40Pendekatan Riset Interdisipliner dan Transdisipliner
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana pendekatan paradigmatik dalam Filsafat akan berdampak pada semua aspek penelitian yang hendak dilaksanakan. Sebagai contoh, ketika pendekatan yang dipilih adalah Teori Kritis dari Mazhab Frankfurt, maka jalannya penelitian akan menekankan aspek penelitian kualitatif dan sedikit banyak mengesampingkan aspek penelitian kuantitatif yang notabene merupakan titik tekan dari pendekatan Positivistik. Selain mempelajari hal yang demikian, mahasiswa/i juga akan diperkenalkan ke dalam pendekatan pascadisiplin yang menggabungkan beberapa bidang ilmu ke dalam satu riset bersama. Ini akan meliputi tiga model utama pendekatan pascadisiplin, yaitu: (1) multidisiplin, (2) antardisiplin, dan (3) transdisiplin.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori filsafat kontemporer terpilih (P1) dengan bahasanya secara mandiri (S9, KU7).
Dosen
- Akhyar Yusuf Lubis
- Syam Surya
Bahan Bacaan Utama
[1] Denzin, N.K., & Lincoln, Y.S. Eds. (1998). The Landscape of Qualitative Research: Theories and Issues. Thousand Oaks, California, CA, London, & New Delhi: Sage Publications, Inc.
[2] ________________________. Eds. (2005). Handbook of Qualitative Research (Third Ed.). Thousand Oaks, California, CA, London, & New Delhi: Sage Publications, Inc.
[3] Lubis, A.Y. (2013). Postmodernisme: Teori dan Metode. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
[4] _________. (2014). Filsafat Ilmu Klasik hingga Kontemporer. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta. (Bacaan dasar yang harus dibaca di rumah)
[5] _________. (2014). Teori Kritis dan Metodologi Ilmu Pengetahuan Sosial-Budaya Kontemporer. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
[6] Repko, A.F., et al. (2014). Introduction to Interdisciplinary Studies. Thousand Oaks, California, CA, London, & New Delhi: Sage Publications, Inc.
[7] Klein, J. T., Interdisiplinary Research, London, Sage Publications, 2012.