Program Studi Doktor (S3) Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia merupakan satu-satunya Program Studi Doktor (S3) bidang Kajian Stratejik dan Global di Indonesia, yang tidak terdapat pada perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia. Pembukaan Program Studi Doktor (S3) ini merupakan program lanjutan dari Program Studi Magister (S2) yang diselenggarakan oleh Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia. Program Studi Magister (S2) yang dimaksud adalah: Program Studi Kajian Ketahanan Nasional, Kajian Wilayah Amerika, Kajian Gender, Kajian Wilayah Jepang, Kajian Ilmu Kepolisian, Kajian Pengembangan Perkotaan, Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam, Kajian Wilayah Eropa, dan Kajian Terorisme.

Di berbagai negara, Kajian Stratejik, misalnya, terpusat pada isu peace and conflict studies, national security studies, leadership and governance. Studi-studi tersebut mempunyai keterhubungan dengan politik internasional, geostrategi, diplomasi, ekonomi, dan kekuatan militer. Bahkan, ruang lingkup studi ini juga mencakup studi tentang peran intelijen, peran kepolisian, tata kelola pemerintahan, dan kerjasama internasional dalam kerangka kepentingan keamanan dan ketahanan nasional.

Demikian pula, Kajian Global, setidaknya sejak paruh akhir abad ke-20, menunjukkan kecenderungan pesat di berbagai universitas kelas dunia. Bidang ini tampak rajin mengangkat serta mengkaji secara mendalam dan intensif masalah-masalah besar di dunia, terutama dalam bidang politik global, gender, agama, ekonomi, bisnis, kejahatan transnasional, lingkungan, diplomasi, dan kebudayaan global. Bahkan tak jarang terjadi titik singgung yang sulit dihindari di mana masalah yang ditekuni dalam Kajian Stratejik hingga tingkatan tertentu juga ditekuni pula di dalam Kajian Global.